Can't Login Lock Screen Ubuntu 14.04

Baru sempet nulis nih di tahun ini, hehehehe  saya dapat masalah dan itu menimpa laptop kantor hehehhe, mungkin effect trial and error, jadi malah error, ok lanjut kembali ke masalah utama, Can't Login Lock Screen Ubuntu 14.04 untuk melakukan login saya haru switch user terlebih dahulu, baru dapat login ke ubuntu,
ini sangat menggangu terutama saat ada session yang sedang running, untuk fix error saya mencoba mengecek log, hehhehe inget kata leader saya RTFM ( Read The Fucking Manual) and don't forget to check the log.

saya cek log di var/log

wahyu@mrrius:~$  tail -f /var/log/auth.log

nah ada yang genap dari deretan log di authnya (anti main stream ada yang ganjil) berikut SSnya :


unix_chkpwd tidak dapat melakukan check pass dan ada informasi user unknown padahal saya sudah memasukan username dan password dengan benar, setelah mencari di sana disini dapat pengarahan stack over flow untuk cek file di /etc/shadow dan /etc/gshadow 
saya cek lengkap pake ls 

wahyu@mrrius:~$  ls -la /etc/ | grep shadow   

nah mulai ada titik gelap nih, hehhehe berikut SSnya :

di situ permision owner shadow dan gshadow file dimiki sepenuhnya oleh root, ternyata saya coba cek di laptop lain yang kebetulan juga ubuntu, permision ownernya berbeda nah berikut SSnya :


nah berangkat dari kegenapan yang ada saya ganti deh permisionya

wahyu@mrrius:~$  sudo chown root:shadow /etc/gshadow
wahyu@mrrius:~$  sudo chown root:shadow /etc/shadow  


i tried again to lock my screen,, and tried to login,,  pufff magic,,,, the error was gone  he he he thank you for visit my blog .


2 comments: