Disk penuh tapi file/folder tidak terlihat



Wah.. sudah lama sekali tidak meng-update blog ini..  langsung saja, kali ini saya akan membahas problem yang baru saja saya alami. Problem ini mengenai Data yang saya copy dari HDD external ke HDD laptop adik saya melalui sistem operasi Linux mint 14 kde ketika itu saya agak terburu melakukan copy file sekitar 200 GB kurang lebihnya, ketika proses copy selesai saya langsung melepas HDD external dan mengembalikanya ke adik saya,
kemudian ketika laptop saya sudah normal jadi tujuan saya melakukan copy file tadi adalah untuk mengosongkan HDD external saya untuk buat backup laptop saya sendiri, setelah laptop normal keesokan harinya saya mau mengambil kembali datanya namun yang terjadi data tidak ada namun use space membengkak saya begini screenshotnya :
dan di windows :


Diagnosa yang saya lakukan adalah :


  1. menggunakan root Actions >>> open in file manager, dan show Hidden Files namun hasil nihil.
  2. menggunakan root Actions >>> open Terminal Here dan ls -a juga file tidak tampil
  3. lalu menggunaan explorer dapat menampilkan file-file yang ber-atribut hidden/super hidden dan hasilnya pun nihil
  4. Karena data masih belum nampak padahal yakin itu ada datanya, saya lihat properties dari HDD tersebut.. ternyata di properties memang ada isinya.
  5. Akhrinya, saya search di google  dan alhamdulillah membuahkan hasil. saya menemukan blog akang yudi dengan pengalaman hampir sama persis dengan saya dan melakukan solusi yang sama yakni merepairnya via error-checking tools  bawaan windows (explorer -> klik kanan di drive tujuan -> properties -> tools -> di error checking klik "check now" -> pilih automatically fix from error 
semoga bermanfaat bagi teman-teman yang mengalami kejadian yang sama :)
update Article karena kurang jelas :

langkah kelima adalah pertama
buka HDD yang akan di perbaiki pilih di menu explorer, saya menggunakan Jendela 7

Langkah Selanjutnya pilih Tab Menu Tools

Langkah Selanjutnya pilih tools Error Checking pilih Check Now

Langkah terakhir checklist automatic error checking dan mulai pengecekan

mudah-mudahan dengan disertai SS teman-teman tidak kebingungan lagi, terimakasih.





41 comments:

  1. yaa ellaaah,,,,, udahh di bela belain satu hari satu malem, gk di mattin komputer, ternyata cuma ini caranya,,,,,, haahaha,,,,,,, thanks om

    ReplyDelete
  2. ttap ga bisa gan. ada cara lain ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa PM SSnya gan lwat email juga boleh di about me ada kok maaf baru bisa ngeblog lagi :D

      Delete
  3. gan saya udah coba nih, tp ga mempan. katanya disk saya ga kenapa22. properties, ada filenya. tapi begitu saya buka isinya kosong semua. cm ada file RECYCLED doang. duh gimana tuh ya gan mohon bantuannya thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mbak baru bisa update, lagi gmana coba kirim ScreenShoot nya baik di properties, maaupun di HDDnya mbak email : ikikuwana@gmail.com

      Delete
    2. Virus itu mah, coba buka pake winrar pasti ada file nya

      Delete
  4. gan ko yg saya ga ngaruh masih tetep aja tuh padahal file di HDD saya dikit tp ko ampir penuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin filenya tersembunyi, coba di check :D

      Delete
    2. mas wahyu flashdisk saya berisi file cox saya lht diproperties ada ukuran/size file yg digunakan tp masalahx di attributesnya tercentang hidden yang tidak bisa dilepas checklistx? Mohon bantuannya

      Delete
  5. gan , punya saya malah aneh....partisinya 60 GB, saya masuk di drive C, kemudian saya properties semua folder dan filenya yaitu 28 GB
    lha sisanya kan seharusnya 32 GB kan,
    lha di "my computer" sisanya menunjukkan tinggal 9 Gb aja ...
    itu yang bikin saya bingung
    atau mungkin Drive C saya dipenuhi virus yang tidak terdetect di properties Drive C?
    tolong bantuanya gan....

    ini fb saya https://www.facebook.com/roudrocketz
    bisa inbox di sana gan

    ReplyDelete
  6. kalo untuk partisi "D" sama ya gan.?

    ReplyDelete
  7. Sial.
    Punya sy malah gk bisa diakses pas ikutin cara loe mas.
    Mohon instruksi

    ReplyDelete
  8. Gan, Makasih bangeeet.. udah semaleman begadang mencari file yang terhilang. pake recuva, chk file recovery, malwarebyte ga ada yang emmpan. ternyata begini doang. you make my day gan!

    ReplyDelete
  9. Thank, saya mau post di blog saya daloadjuli

    ReplyDelete
  10. Gan kalau di automically fix file system error kok ada laert force dismount ya??? apa gapapa di klik force dismount ?? Tolong dibalas, maksih

    ReplyDelete
  11. Gan kalau di automically fix file system error kok ada laert force dismount ya??? apa gapapa di klik force dismount ?? Tolong dibalas, maksih

    ReplyDelete
  12. ngk ngaruh gan masih belum muncul file nya tp di properties ad geude kapasitas nya

    ReplyDelete
  13. apakah file yang di bungkus dengan ISO itu bisa penuh data ya?

    ReplyDelete
  14. permisi gan,, ane udah coba terapin yang ente posting,, tapi tetep aj ntuh disk pc ane penuh,, mohon info lebih lanjut ya gan...

    ReplyDelete
  15. Syukroon kaka tutorialnya.. setelah mencoba beberapa cara akhirnya ini yg baru work.. aku hampir nyerah padahal.. :D Alhamdulillah dataku kembali.. skali lg thanks kk :)

    ReplyDelete
  16. Thanks gan. File di PCku sdh bisa dibuka lagi....sekali lagi terimakasih gan.

    ReplyDelete
  17. Ya allah alhamdulillah. Makasih mas. File kerjaan saya kembali lagi. :)

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah data ane kembali, makasih suhu :')

    ReplyDelete
  19. thanks gan,, nice info
    semoga sukses

    ReplyDelete
  20. Ya allah, setelah beberapa bulan merenungi gile yg saya kira tidak akan saya dapatkan lagi. Akhirnya kembali juga file ini, maklum file saya yg saya fikir hilang hampir 600gb. Terima kasih banyak banyak banyak atas sharing caranya. Semoga jadi amal yg baik gan.

    ReplyDelete
  21. Sangat bermanfaat terima kasih , sehabis saya downlod file berekstensi 7z yang isinya Iso , saya memindahkan file tersebut ke data D namun file tersebut saya kira hilang,tapi disk saya masih tetap sama ukurannya , jadi pas saya coba ini file tsb nongol kembali

    ReplyDelete
  22. Terimakasih banyak mas ini sangat membantu saya, caranya berhasil

    ReplyDelete
  23. Terima kasih penjelasannya sangat membantu, salam hangat dari blog nama bayi islami.

    ReplyDelete
  24. Makasih kang, saya berkali² merasa heran, udah copy paste berhasil, namun ga terbaca, setelah baca artikel sampean, Alhamdulillah data udah kembali πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  25. Terinakasih banyak om.. bloknya sangat membantu

    ReplyDelete
  26. Scanning and repair... Dan selalu saya coba berkali kali notif akhirnya "there was a problem with repairing this drive" Windows was unable to repair the drive.

    ReplyDelete
  27. Scanning and repair... Dan selalu saya coba berkali kali notif akhirnya "there was a problem with repairing this drive" Windows was unable to repair the drive.

    ReplyDelete
  28. Alhamdulillah tadinya hdd saya isinya kosong tapi secara volume masih ada isinya, terimakasih mas ilmunya sangat bermanfaat, semoga ilmunya di balas oleh Tuhan

    ReplyDelete
  29. Alhamdulillah cara ini berhasil setelah seharian utak atik, sama abis backup juga ke hdd lain, pas dipindahin lagi filenya gak muncul di laptop, makasih banyak akang, semoga rejekinya lancar selalu aamiin

    ReplyDelete
  30. Mantap mas...work 1000000%

    ReplyDelete