Port Pada Komputer

ilustrasi sebuah port di jaringan

Hanya sekedar share catatan saja , bagi yang ingin tahu mengenai port dan fungsinya. Mungkin juga kalau ingin memblokir salah satu port, kebetulan temen ada yang buat posting di website KPLI Purwodadi tapi ga di publish-publish ya itung-itung buat ngramein blog ku lagi :D langsung aja.

pengenalan port adalah mekanisme yang mengizinkan sebuah komputer untuk mendukung beberapa sesi koneksi dengan komputer lainnya dan program di dalam jaringan. Port dapat mengidentifikasikan aplikasi dan layanan yang menggunakan koneksi di dalam jaringan TCP/IP. Sehingga, port juga mengidentifikasikan sebuah proses tertentu di mana sebuah server dapat memberikan sebuah layanan kepada klien atau bagaimana sebuah klien dapat mengakses sebuah layanan yang ada dalam server. Port dapat dikenali dengan angka 16-bit (dua byte) yang disebut dengan Port Number dan diklasifikasikan dengan jenis protokol transport apa yang digunakan, ke dalam Port TCP dan Port UDP. Karena memiliki angka 16-bit, maka total maksimum jumlah port untuk setiap protokol transport yang digunakan adalah 65536 buah.

Dilihat dari penomorannya, port UDP dan TCP dibagi menjadi tiga jenis, yakni sebagai berikut:


  1. Well-known Port: yang pada awalnya berkisar antara 0 hingga 255 tapi kemudian diperlebar untuk mendukung antara 0 hingga 1023. Port number yang termasuk ke dalam well-known port, selalu merepresentasikan layanan jaringan yang sama, dan ditetapkan oleh Internet Assigned Number Authority (IANA). Beberapa di antara port-port yang berada di dalam range Well-known port masih belum ditetapkan dan direservasikan untuk digunakan oleh layanan yang bakal ada pada masa depan. Well-known port didefinisikan dalam RFC 1060.
  2. Registered Port: Port-port yang digunakan oleh vendor-vendor komputer atau jaringan yang berbeda untuk mendukung aplikasi dan sistem operasi yang mereka buat. Registered port juga diketahui dan didaftarkan oleh IANA tapi tidak dialokasikan secara permanen, sehingga vendor lainnya dapat menggunakan port number yang sama. Range registered port berkisar dari 1024 hingga 49151 dan beberapa port di antaranya adalah Dynamically Assigned Port.
  3. Dynamically Assigned Port: merupakan port-port yang ditetapkan oleh sistem operasi atau aplikasi yang digunakan untuk melayani request dari pengguna sesuai dengan kebutuhan. Dynamically Assigned Port berkisar dari 1024 hingga 65536 dan dapat digunakan atau dilepaskan sesuai kebutuhan.
beberapa port yang sering digunakan :


1. Port 80 -> Web Server
Port ini biasanya digunakan untuk web server dan hasil dari DNS server jika kita buka web browser maka web browser akan mengkonversi  IP menjadi DNS dan mentransferkan data website  pada port 80,

2. Port 81 ->Web Server Alternatif
ketika port 80 diblok maka port 81 akan digunakan sebagai port altenatif hosting website

3. Port 21 -> FTP Server
Ketika seseorang mengakses FTP server, maka ftp client secara default akan melakukan koneksi melalui port
21 dengan ftp server

4. Port 22 -> SSH Secure Shell
Port ini digunakan untuk port SSH untuk meremote server SSH menggunakan console dengan aplikasi putty.

5. Port 23 -> Telnet
Jika anda menjalankan server telnet maka port ini digunakan client telnet untuk hubungan dengan server telnet.

6. Port 25 -> SMTP(Simple Mail Transport Protokol)
Ketika seseorang mengirim email ke server SMTP anda, maka port yg digunakan adalah port 25

7. Port 2525 SMTP  -> Alternate Server
Port 2525 adalah port alternatifi aktif dari TZO untuk menservice forwarding email. Port ini bukan standard port, namun dapat diguunakan apabila port smtp terkena blok.

8. Port 110 -> POP Server
Jika anda menggunakan Mail server, user jika log ke dalam mesin tersebut via POP3 (Post Office Protokol) atau IMAP4 (Internet Message Access Protocol) untuk menerima emailnya, POP3 merupakan protokol untuk mengakses mail box

9. Port 119 -> News (NNTP) Server
Port 119 host server dari dunia internet USENET terkenal dan terkenal newsgroup. Server NNTP mendorong dan menarik artikel berita dari dan ke server NNTP lain di port 119, dan membaca berita (dan menulis) klien berbicara ke server berita di atas port yang sama.

10.Port 3389 -> Remote Desktop
Port ini adalah untuk remote desktop di WinXP

11. Port 389 -> LDAP Server
LDAP atau Lightweight Directory Access Protocol menjadi populer untuk akses Direktori, atau Nama, Telepon, Alamat direktori. Misalnya LDAP :/ / LDAP.Bigfoot.Com adalah server direktori LDAP.

12. Port 143 -> IMAP4 Server
IMAP4 atau Internet Message Access Protocol menjadi lebih populer dan digunakan untuk mengambil Internet Mail dari server jauh. Hal ini lebih disk yang intensif, karena semua pesan disimpan di server, tetapi memungkinkan untuk penggunaan online, offline dan terputus mudah.

13. Port 443 -> Secure Sockets Layer (SSL) Server
Ketika Anda menjalankan server yang aman, Klien SSL ingin terhubung ke server Aman Anda akan terhubung pada port

14. Port 445 ->  SMB over IP,
File Sharing Kelemahan windows yg membuka port ini. biasanya port ini digunakan sebagai port file sharing termasuk printer sharing, port inin mudah dimasukin virus atau worm dan sebangsanya

15. Ports 1503 and 1720  ->  Microsoft NetMeeting and VOIP
MS NetMeeting dan VOIP lain memungkinkan Anda untuk host panggilan Internet atau konferensi video dengan NetMeeting lain atau pengguna VOIP.

16. Port 5631 -> PCAnywhere
Ketika server PCAnywhere sudah diatur untuk menerima permintaan remote, mendengarkan pada port TCP 5631. Hal ini memungkinkan Anda untuk menjalankan host PCAnywhere dan menggunakan internet untuk menghubungkan kembali dan kontrol jarak jauh PC Anda.

17. Port 5900 -> Virtual Network Computing (VNC)
Ketika Anda menjalankan VNC server untuk kontrol jarak jauh PC Anda, menggunakan port 5900. VNC berguna jika Anda ingin kontrol jarak jauh server Anda.

18. Port 111 -> Portmap
Port ini digunakan sebagai sarana yang jelas untuk menentukan port yang di atasnya layanan lain dalam sistem yang berjalan. Hal ini disebut sebagai "portmapper" karena menyediakan direktori, atau "mapping" antara layanan yang tersedia dan port mereka. Hal ini mirip dengan yang terkenal DCE Microsoft DCOM port 135.

19. Port 123 NTP (network time protocol)
port yang digunakan untuk konfigurasi server NTP di linux.

20. Port 3128, Transparent Proxy
port yang biasa digunakan untuk alternatif proxy server pada linux dan keluarga unix.

semoga bermanfaat :D

sumber dari :
http://remukcorp.blogspot.com/
http://en.wikipedia.org/wiki/Port_(computer_networking)

No comments:

Post a Comment